Posted on

Dampak Negatif Susu Formula

Pemberian susu formula harus dibatasi atas indikasi yang tepat. Pemberian susu formula dapat membawa dampak yang sangat merugikan, yaitu meningkatnya morbiditas dan mortalitas bayi. Bayi yang tidak memperoleh zat kekebalan pada Air Susu Ibu (ASI) rentan akan infeksi. Kekurangan gizi dapat terjadi apabila susu formula tidak diberikan sesuai dengan petunjuk penggunaan. Bayi yang diberi susu formula lebih mudah terserang diare dan alergi serta mengalami gangguan pertumbuhan mulut, rahang dan gigi. Fakta menunjukkan bahwa penggunaan susu formula di negara-negara berkembang dapat mengakibatkan Trias Jelliffe yaitu diare akibat infeksi, moniliasis pada mulut dan marasmus.

Jika penyiapan tidak memenuhi syarat kebersihan (misalnya peralatan yang digunakan tidak bersih dan air pencampur tidak dimasak dengan sempurna), memberikan susu formula melalui botol sama saja dengan menambah bibit penyakit ke dalam tubuh bayi (sumber infeksi). Selain itu, susu yang tidak disimpan di dalam lemari pendingin mestinya tidak digunakan lagi (jika disimpan di lemari pendingin masih dapat digunakan paling lama 4 jam).

Bayi yang diberi minum ASI harus bekerja keras mengisap puting susu sehingga akan segera berhenti mengisap jika telah merasa kenyang. Sebaliknya, bayi peminum susu formula secara pasif menanti tetesan susu dari botol sehingga tidak akan berhenti meneguk susu kecuali botolnya telah kosong. Hal ini dapat menyebabkan kegemukan (obesitas).

Bagi ibu, pemberian susu formula memang tidak praktis dan ekonomis. Lebih jauh dari itu, pemberian susu formula akan mengurangi hubungan kasih sayang antara ibu dan anak yang dapat menghambat perkembangan mental selanjutnya.

About zouel

Sesuatu indah menatap depan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s